Tugas
8 Kewirausahaan
Nama :
Rendy Ilhamsyah
NIM : 20200801051
Fakultas : Ilmu Komputer
Prodi : Teknik
Informatika
Produk
Untuk nama brand akan kami namakan dengan “Maskerkoe”.
Variasi produk yang akan kami jual akan dimulai dari masker basic line,masker bermotif,masker
dengan pola bentuk yang berbeda.
Untuk masker dari lini basic line terbuat dari Bahan kain
katun twiscone lembut tebal 3 lapis(lapisan depan+lapisan penyaring
debu+lapisan dlm) bahan lembut nyaman dipakai, tidak pengap, jahitan rapi, dan
dapat di cuci kembali.masker basic line terdiri dari warna hitam,putih,biru
dongker,dan abu abu.
Untuk Masker bermotif juga terbuat dari bahan kain katun
twiscone lembut tebal 3 lapis (lapisan depan+lapisan penyaring debu+lapisan
dlm) bahan lembut nyaman dipakai, tidak pengap, jahitan rapi, dan dapat di cuci
kembali.masker bermotif sendiri berbeda di bagian motifnya,karena di lini ini akan
tediri dari berbagai motif
Masker dengan pola bentuk yang berbeda terbuat terbuat dari
bahan kain katun twiscone lembut tebal 3 lapis (lapisan depan+lapisan penyaring
debu+lapisan dlm) bahan lembut nyaman dipakai, tidak pengap, jahitan rapi, dan
dapat di cuci kembali.namun di lini produk ini akan tersedia berbagai bentuk
atau pola masker
Harga
Berikut Harga lini dari setiap produk masker yang kami buat
:
No
|
Nama Produk
|
Harga
|
1
|
Masker Basic Line
|
Rp.10.000,-
|
2
|
Masker Bermotif
|
Rp.12.000,-
|
3
|
Masker Dengan
Pola Bentuk Yang Berbeda
|
Rp.15.000,-
|
Promosi
Untuk Promosi Kami akan menyediakan promosi baik untuk
pelanggan baru maupun pelanggan lama.Mulai dari promosi gratis ongkos pengiriman,promo
menarik untuk pelanggan baru seperti mendapatkan stiker gratis,dan lain
lain.untuk pelanggan lama kami juga akan memberikan promo seperti potongan
harga,dan yang lain lain.Media promosi yang kami tempuh akan terkonsentrasi di
media sosial seperti instagram,facebook,,dan sejenisnya
Saluran
Tempat penjualan kami bisa berkunjung ke kios kami atau toko
kami dapat ditemukan di beberapa merketplace seperti shopee,tokopedia dan
bukalapak.untuk pendistribusian barang ke konsumen kami akan mengirim produk
melalui jasa pengiriman maupun kami jual langsung di kios kami.lokasi penjualan
kami terletak di Jln.Pegangsaan no 10,Daan Mogot. Jakarta Barat
1.Segmentasi
Tahapan segmenting atau segmentation dilakukan dengan
membagi pelanggan menjadi sekelompok orang dengan karakteristik dan kebutuhan
yang sama. Untuk
melakukan segmentasi pasar, kita bisa menggunakan pendekatan, seperti:
- Demografis. Mendasarkan pada atribut pribadi audiens
seperti usia, jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan atau status perkawinan.
- Geografis. Mendasarkan segmentasi pelanggan berdasar
negara, wilayah, kota atau lingkungan tertentu.
- Psikografis. Segmentasi yang didasarkan pada kepribadian,
nilai-nilai, atau gaya hidup tertentu.
- Perilaku. Mendasarkan segmen pasar dengan mengelompokkan
orang berdasarkan cara mereka menggunakan produk, loyalitas akan produk atau
manfaat yang mereka cari.
Dikarenakan dengan adanya pandemi Covid-19 membuat orang
orang perlu menjaga diri mereka agar tidak terpapar dari covid-19
tersebut.dengan adanya penjualan masker kain ini diharapkan ini dapat dilakukan
secara retail maupun online.masker kain ini mempunyai berbagai jenis motif yang
berbeda sehingga terdapat banyak variasi untuk para customer.Untuk melakukan
segmenting, kita akan menggunakan kriteria dasar yaitu:
1. Generasi (Demografi): Mulai dari kalangan anak-anak
hingga orang tua dan lansia
2. Kelas Ekonomi (Demografi):Saya berharap dapat menjangkau
semua kalangan,namun saat ini saya mau berfokus terlebih dahulu ke kelas
menengah dikarenakan harganya yang relatif murah.
3. Wilayah (Geografis): perkotaan hingga pedesaan karena
penjualannya dilakukan secara online dan rencananya akan mau berjualan sejara
retail atau on-store juga.
4. Penggunaan Teknologi (Psikografi): Pengguna yang memiliki
handphone
5. Desain Masker yang menarik (Perilaku): Desain dan motif
masker yang dibuat beragam, sehingga dapat menarik minat pembeli dari semua
kalangan.
2.Targeting
Tahapan kedua dalam model Segmenting Targeting Positioning
adalah menentukan segmen mana yang akan menjadi target pemasaran.Untuk
mengevaluasi dan memilih target, ada beberapa hal yang harus kamu
pertimbangkan, seperti:
1.Ukuran. Seberapa besar segmentasi pasar tersebut dan
potensinya untuk bertumbuh di masa depan
2.Profitabilitas. Segmen mana yang memiliki potensi untuk
menghasilkan keuntungan lebih tinggi bagi produk atau layanan kamu? Bagaimana
dengan Lifetime Value Customer di segmen tersebut?
3. Aksesibilitas. Seberapa mudah atau sulit bagi kamu
mencapai segmen target market tersebut dengan pesan pemasaran yang kamu
lakukan? Pertimbangkan segala hambatan yang ada ketika kamu harus
mengomunikasikan pesan pemasaran ke segmen pasar yang ditargetkan.
4. Fokus pada manfaat. Masing-masing segmen membutuhkan
manfaat yang berbeda.
5. Perbedaan,Harus ada perbedaan terukur antar segmen.
- Dengan tolak ukur segmentasi mulai dari kalangan anak
kecil hingga lansia yang mana mereka mempunyai selera akan desain dan motif
yang berbeda beda
- Dengan manfaat beberapa lapisan dalam masker saya
,kemudahan akan membersihkan masker sehingga dapat dipakai berulang kali,hingga
banyaknya motif dan desain dari masker kain kami.diharapkan dapat membuat pelanggan
semakin tertarik akan masker kain tersebut
3.Positioning
Tahapan positioning dapat diartikan menentukan bagaimana
produk atau brand kamu direpresentasikan dalam benak pelanggan potensial.
Tujuannya tentu agar produk atau brand kamu dilihat lebih unggul dari
kompetitor.Untuk merumuskan positioning, perhatikan beberapa tips
berikut:
-Tawarkan solusi. Periksa kembali kebutuhan dan potensi
masalah atau hambatan dari masing-masing segmentasi target pasar kamu tadi.
Dengan mengetahui hambatan atau potensi masalah yang dihadapi kamu pun bisa
merancang pesan yang tepat tentang bagaimana produk atau layananmu dapat
menyelesaikan masalah mereka secara lebih efektif.
-Identifikasi Unique Selling Proposition (USP). Temukan
jawaban yang tepat dari pertanyaan mengapa pelanggan harus membeli dan
menggunakan produk atau layanan kamu tersebut? Pikirkan penawaran yang bisa
kamu berikan dan tidak dapat ditemukan pada kompetitor lain.
-Kembangkan kampanye pemasaran yang spesifik pada segmentasi
target pasar. Pastikan kamu memberi penawaran menarik yang sulit untuk mereka
tolak.
Disini Masker saya memiliki beberapa poin posisi,seperti:
-Masker kain yang saya jual dapat memberikan perlindungan
terhadap polusi udara yang kaya akan bakteri yang tidak baik untuk pernafasan
-Masker kain yang saya jual memiliki berbagai jenis ragam
motif dan desain yang dapat dipilih sesuai keinginan
Komentar
Posting Komentar