Tugas 8 Kewirausahaan

Nama                    : Rendy Ilhamsyah
NIM                      : 20200801051
Fakultas                : Ilmu Komputer
Prodi                     : Teknik Informatika

Produk

Untuk nama brand akan kami namakan dengan “Maskerkoe”. Variasi produk yang akan kami jual akan dimulai dari masker basic line,masker bermotif,masker dengan pola bentuk yang berbeda.

Untuk masker dari lini basic line terbuat dari Bahan kain katun twiscone lembut tebal 3 lapis(lapisan depan+lapisan penyaring debu+lapisan dlm) bahan lembut nyaman dipakai, tidak pengap, jahitan rapi, dan dapat di cuci kembali.masker basic line terdiri dari warna hitam,putih,biru dongker,dan abu abu.


Untuk Masker bermotif juga terbuat dari bahan kain katun twiscone lembut tebal 3 lapis (lapisan depan+lapisan penyaring debu+lapisan dlm) bahan lembut nyaman dipakai, tidak pengap, jahitan rapi, dan dapat di cuci kembali.masker bermotif sendiri berbeda di bagian motifnya,karena di lini ini akan tediri dari berbagai motif

 

Masker dengan pola bentuk yang berbeda terbuat terbuat dari bahan kain katun twiscone lembut tebal 3 lapis (lapisan depan+lapisan penyaring debu+lapisan dlm) bahan lembut nyaman dipakai, tidak pengap, jahitan rapi, dan dapat di cuci kembali.namun di lini produk ini akan tersedia berbagai bentuk atau pola masker

Harga

Berikut Harga lini dari setiap produk masker yang kami buat :

No

Nama Produk

Harga

1

Masker Basic Line

Rp.10.000,-

2

Masker Bermotif

Rp.12.000,-

3

Masker Dengan Pola Bentuk Yang Berbeda

Rp.15.000,-

 

Promosi

Untuk Promosi Kami akan menyediakan promosi baik untuk pelanggan baru maupun pelanggan lama.Mulai dari promosi gratis ongkos pengiriman,promo menarik untuk pelanggan baru seperti mendapatkan stiker gratis,dan lain lain.untuk pelanggan lama kami juga akan memberikan promo seperti potongan harga,dan yang lain lain.Media promosi yang kami tempuh akan terkonsentrasi di media sosial seperti instagram,facebook,,dan sejenisnya

Saluran

Tempat penjualan kami bisa berkunjung ke kios kami atau toko kami dapat ditemukan di beberapa merketplace seperti shopee,tokopedia dan bukalapak.untuk pendistribusian barang ke konsumen kami akan mengirim produk melalui jasa pengiriman maupun kami jual langsung di kios kami.lokasi penjualan kami terletak di Jln.Pegangsaan no 10,Daan Mogot. Jakarta Barat

 

1.Segmentasi

Tahapan segmenting atau segmentation dilakukan dengan membagi pelanggan menjadi sekelompok orang dengan karakteristik dan kebutuhan yang sama. Untuk melakukan segmentasi pasar, kita bisa menggunakan pendekatan, seperti:

- Demografis. Mendasarkan pada atribut pribadi audiens seperti usia, jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan atau status perkawinan.

 - Geografis. Mendasarkan segmentasi pelanggan berdasar negara, wilayah, kota atau lingkungan tertentu.

 - Psikografis. Segmentasi yang didasarkan pada kepribadian, nilai-nilai, atau gaya hidup tertentu.

 - Perilaku. Mendasarkan segmen pasar dengan mengelompokkan orang berdasarkan cara mereka menggunakan produk, loyalitas akan produk atau manfaat yang mereka cari.

 Dikarenakan dengan adanya pandemi Covid-19 membuat orang orang perlu menjaga diri mereka agar tidak terpapar dari covid-19 tersebut.dengan adanya penjualan masker kain ini diharapkan ini dapat dilakukan secara retail maupun online.masker kain ini mempunyai berbagai jenis motif yang berbeda sehingga terdapat banyak variasi untuk para customer.Untuk melakukan segmenting, kita akan menggunakan kriteria dasar yaitu:

 1. Generasi (Demografi): Mulai dari kalangan anak-anak hingga orang tua dan lansia

 2. Kelas Ekonomi (Demografi):Saya berharap dapat menjangkau semua kalangan,namun saat ini saya mau berfokus terlebih dahulu ke kelas menengah dikarenakan harganya yang relatif murah.

 3. Wilayah (Geografis): perkotaan hingga pedesaan karena penjualannya dilakukan secara online dan rencananya akan mau berjualan sejara retail atau on-store juga.

 4. Penggunaan Teknologi (Psikografi): Pengguna yang memiliki handphone

 5. Desain Masker yang menarik (Perilaku): Desain dan motif masker yang dibuat beragam, sehingga dapat menarik minat pembeli dari semua kalangan.

 

 2.Targeting

 Tahapan kedua dalam model Segmenting Targeting Positioning adalah menentukan segmen mana yang akan menjadi target pemasaran.Untuk mengevaluasi dan memilih target, ada beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan, seperti:

 1.Ukuran. Seberapa besar segmentasi pasar tersebut dan potensinya untuk bertumbuh di masa depan

 2.Profitabilitas. Segmen mana yang memiliki potensi untuk menghasilkan keuntungan lebih tinggi bagi produk atau layanan kamu? Bagaimana dengan Lifetime Value Customer di segmen tersebut?

 3. Aksesibilitas. Seberapa mudah atau sulit bagi kamu mencapai segmen target market tersebut dengan pesan pemasaran yang kamu lakukan? Pertimbangkan segala hambatan yang ada ketika kamu harus mengomunikasikan pesan pemasaran ke segmen pasar yang ditargetkan.

 4. Fokus pada manfaat. Masing-masing segmen membutuhkan manfaat yang berbeda.

 5. Perbedaan,Harus ada perbedaan terukur antar segmen.

 - Dengan tolak ukur segmentasi mulai dari kalangan anak kecil hingga lansia yang mana mereka mempunyai selera akan desain dan motif yang berbeda beda

 - Dengan manfaat beberapa lapisan dalam masker saya ,kemudahan akan membersihkan masker sehingga dapat dipakai berulang kali,hingga banyaknya motif dan desain dari masker kain kami.diharapkan dapat membuat pelanggan semakin tertarik akan masker kain tersebut

 

3.Positioning

 Tahapan positioning dapat diartikan menentukan bagaimana produk atau brand kamu direpresentasikan dalam benak pelanggan potensial. Tujuannya tentu agar produk atau brand kamu dilihat lebih unggul dari kompetitor.Untuk merumuskan positioning, perhatikan beberapa tips berikut:

 -Tawarkan solusi. Periksa kembali kebutuhan dan potensi masalah atau hambatan dari masing-masing segmentasi target pasar kamu tadi. Dengan mengetahui hambatan atau potensi masalah yang dihadapi kamu pun bisa merancang pesan yang tepat tentang bagaimana produk atau layananmu dapat menyelesaikan masalah mereka secara lebih efektif.

 -Identifikasi Unique Selling Proposition (USP). Temukan jawaban yang tepat dari pertanyaan mengapa pelanggan harus membeli dan menggunakan produk atau layanan kamu tersebut? Pikirkan penawaran yang bisa kamu berikan dan tidak dapat ditemukan pada kompetitor lain.

 -Kembangkan kampanye pemasaran yang spesifik pada segmentasi target pasar. Pastikan kamu memberi penawaran menarik yang sulit untuk mereka tolak.

 Disini Masker saya memiliki beberapa poin posisi,seperti:

 -Masker kain yang saya jual dapat memberikan perlindungan terhadap polusi udara yang kaya akan bakteri yang tidak baik untuk pernafasan

 -Masker kain yang saya jual memiliki berbagai jenis ragam motif dan desain yang dapat dipilih sesuai keinginan




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas 2 Kewiraushaan 2 KJ006 tentang Analisis VRIO

Tugas 6 Kewirausahaan