Tugas 4 Kewirausahaan 2

Nama                    : Rendy Ilhamsyah
NIM                      : 20200801051
Fakultas                : Ilmu Komputer
Prodi                     : Teknik Informatika

Dari ide bisnis yang kalian miliki sebelumnya, buatlah Segmentasi, Targeting dan Positioning untuk produk/jasa tersebut

Jawab:


Ide bisnis yang saya miliki adalah Menjual Masker Kain Beberapa Lapisan


1.Segmentasi
Tahapan segmenting atau segmentation dilakukan dengan membagi pelanggan menjadi sekelompok orang dengan karakteristik dan kebutuhan yang sama.Langkah ini dilakukan agar dapat dapat menyesuaikan pendekatan untuk memenuhi kebutuhan masing-masing kelompok dengan cara yang lebih efektif dibanding hanya menggunakan satu pendekatan untuk semua pelanggan.

Untuk melakukan segmentasi pasar, kita bisa menggunakan pendekatan, seperti:

- Demografis. Mendasarkan pada atribut pribadi audiens seperti usia, jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan atau status perkawinan.

- Geografis. Mendasarkan segmentasi pelanggan berdasar negara, wilayah, kota atau lingkungan tertentu.

- Psikografis. Segmentasi yang didasarkan pada kepribadian, nilai-nilai, atau gaya hidup tertentu.

- Perilaku. Mendasarkan segmen pasar dengan mengelompokkan orang berdasarkan cara mereka menggunakan produk, loyalitas akan produk atau manfaat yang mereka cari.

Dikarenakan dengan adanya pandemi Covid-19 membuat orang orang perlu menjaga diri mereka agar tidak terpapar dari covid-19 tersebut.dengan adanya penjualan masker kain ini diharapkan ini dapat dilakukan secara retail maupun online.masker kain ini mempunyai berbagai jenis motif yang berbeda sehingga terdapat banyak variasi untuk para customer.

Untuk melakukan segmenting, kita akan menggunakan kriteria dasar yaitu:

1. Generasi (Demografi): Mulai dari kalangan anak-anak hingga orang tua dan lansia

2. Kelas Ekonomi (Demografi):Saya berharap dapat menjangkau semua kalangan,namun saat ini saya mau berfokus terlebih dahulu ke kelas menengah dikarenakan harganya yang relatif murah.

3. Wilayah (Geografis): perkotaan hingga pedesaan karena penjualannya dilakukan secara online dan rencananya akan mau berjualan sejara retail atau on-store juga.

4. Penggunaan Teknologi (Psikografi): Pengguna yang memiliki handphone

5. Desain Masker yang menarik (Perilaku): Desain dan motif masker yang dibuat beragam, sehingga dapat menarik minat pembeli dari semua kalangan.

 

 

2.Targeting

Tahapan kedua dalam model Segmenting Targeting Positioning adalah menentukan segmen mana yang akan menjadi target pemasaran.

Untuk melakukan langkah ini kamu harus mampu berpikir secara realistis. Kamu harus mengevaluasi potensi dan daya tarik dari segi komersial pada masing-masing segmen yang telah dikelompokkan tadi. Dengan begitu kamu bisa melihat kesesuaian antara sumber daya yang dimiliki dengan target segmen yang dinilai paling potensial membawa keuntungan bagi brand dan perusahaan.

Untuk mengevaluasi dan memilih target, ada beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan, seperti:

1.Ukuran. Seberapa besar segmentasi pasar tersebut dan potensinya untuk bertumbuh di masa depan

2.Profitabilitas. Segmen mana yang memiliki potensi untuk menghasilkan keuntungan lebih tinggi bagi produk atau layanan kamu? Bagaimana dengan Lifetime Value Customer di segmen tersebut?

3. Aksesibilitas. Seberapa mudah atau sulit bagi kamu mencapai segmen target market tersebut dengan pesan pemasaran yang kamu lakukan? Pertimbangkan segala hambatan yang ada ketika kamu harus mengomunikasikan pesan pemasaran ke segmen pasar yang ditargetkan.

4. Fokus pada manfaat. Masing-masing segmen membutuhkan manfaat yang berbeda.

5. Perbedaan. Harus ada perbedaan terukur antar segmen.

1.Dengan tolak ukur segmentasi mulai dari kalangan anak kecil hingga lansia yang mana mereka mempunyai selera akan desain dan motif yang berbeda beda  

2.Dengan manfaat beberapa lapisan dalam masker saya ,kemudahan akan membersihkan masker sehingga dapat dipakai berulang kali,hingga banyaknya motif dan desain dari masker kain kami.diharapkan dapat membuat pelanggan semakin tertarik akan masker kain tersebut

 

3.Positioning

Tahapan positioning dapat diartikan menentukan bagaimana produk atau brand kamu direpresentasikan dalam benak pelanggan potensial. Tujuannya tentu agar produk atau brand kamu dilihat lebih unggul dari kompetitor.

Itu sebabnya pada langkah terakhir dalam model STP marketing ini saya harus mengetahui bagaimana caranya agar dapat memposisikan produk kamu untuk target segmen pasar yang paling menarik dan memiliki potensi keuntungan yang lebih besar tadi.

Untuk merumuskan positioning, perhatikan beberapa tips berikut:

-Tawarkan solusi. Periksa kembali kebutuhan dan potensi masalah atau hambatan dari masing-masing segmentasi target pasar kamu tadi. Dengan mengetahui hambatan atau potensi masalah yang dihadapi kamu pun bisa merancang pesan yang tepat tentang bagaimana produk atau layananmu dapat menyelesaikan masalah mereka secara lebih efektif.

-Identifikasi Unique Selling Proposition (USP). Temukan jawaban yang tepat dari pertanyaan mengapa pelanggan harus membeli dan menggunakan produk atau layanan kamu tersebut? Pikirkan penawaran yang bisa kamu berikan dan tidak dapat ditemukan pada kompetitor lain.

-Kembangkan kampanye pemasaran yang spesifik pada segmentasi target pasar. Pastikan kamu memberi penawaran menarik yang sulit untuk mereka tolak.

Disini Masker saya memiliki beberapa poin posisi,seperti:

-Masker kain yang saya jual dapat memberikan perlindungan terhadap polusi udara yang kaya akan bakteri yang tidak baik untuk pernafasan

-Masker kain yang saya jual memiliki berbagai jenis ragam motif dan desain yang dapat dipilih sesuai keinginan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas 2 Kewiraushaan 2 KJ006 tentang Analisis VRIO

Tugas 6 Kewirausahaan