Tugas
4 Kewirausahaan 2
Nama : Rendy Ilhamsyah
NIM : 20200801051
Fakultas : Ilmu Komputer
Prodi : Teknik
Informatika
Dari ide bisnis yang kalian miliki sebelumnya, buatlah
Segmentasi, Targeting dan Positioning untuk produk/jasa tersebut
Jawab:
Ide bisnis yang saya miliki adalah Menjual Masker Kain Beberapa Lapisan
1.Segmentasi
Tahapan segmenting atau segmentation dilakukan dengan membagi pelanggan menjadi
sekelompok orang dengan karakteristik dan kebutuhan yang sama.Langkah ini
dilakukan agar dapat dapat menyesuaikan pendekatan untuk memenuhi kebutuhan
masing-masing kelompok dengan cara yang lebih efektif dibanding hanya
menggunakan satu pendekatan untuk semua pelanggan.
Untuk melakukan segmentasi pasar, kita bisa menggunakan
pendekatan, seperti:
- Demografis. Mendasarkan pada atribut pribadi audiens
seperti usia, jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan atau status perkawinan.
- Geografis. Mendasarkan segmentasi pelanggan berdasar negara,
wilayah, kota atau lingkungan tertentu.
- Psikografis. Segmentasi yang didasarkan pada kepribadian,
nilai-nilai, atau gaya hidup tertentu.
- Perilaku. Mendasarkan segmen pasar dengan mengelompokkan
orang berdasarkan cara mereka menggunakan produk, loyalitas akan produk atau
manfaat yang mereka cari.
Dikarenakan dengan adanya pandemi Covid-19 membuat orang
orang perlu menjaga diri mereka agar tidak terpapar dari covid-19 tersebut.dengan
adanya penjualan masker kain ini diharapkan ini dapat dilakukan secara retail
maupun online.masker kain ini mempunyai berbagai jenis motif yang berbeda
sehingga terdapat banyak variasi untuk para customer.
Untuk melakukan segmenting, kita akan menggunakan kriteria
dasar yaitu:
1. Generasi (Demografi): Mulai dari kalangan anak-anak
hingga orang tua dan lansia
2. Kelas Ekonomi (Demografi):Saya berharap dapat menjangkau semua
kalangan,namun saat ini saya mau berfokus terlebih dahulu ke kelas menengah
dikarenakan harganya yang relatif murah.
3. Wilayah (Geografis): perkotaan hingga pedesaan karena
penjualannya dilakukan secara online dan rencananya akan mau berjualan sejara
retail atau on-store juga.
4. Penggunaan Teknologi (Psikografi): Pengguna yang memiliki
handphone
5. Desain Masker yang menarik (Perilaku): Desain dan motif
masker yang dibuat beragam, sehingga dapat menarik minat pembeli dari semua
kalangan.
2.Targeting
Tahapan kedua dalam model Segmenting Targeting Positioning
adalah menentukan segmen mana yang akan menjadi target pemasaran.
Untuk melakukan langkah ini kamu harus mampu berpikir secara
realistis. Kamu harus mengevaluasi potensi dan daya tarik dari segi komersial
pada masing-masing segmen yang telah dikelompokkan tadi. Dengan begitu kamu
bisa melihat kesesuaian antara sumber daya yang dimiliki dengan target segmen
yang dinilai paling potensial membawa keuntungan bagi brand dan perusahaan.
Untuk mengevaluasi dan memilih target, ada beberapa hal yang
harus kamu pertimbangkan, seperti:
1.Ukuran. Seberapa besar segmentasi pasar tersebut dan
potensinya untuk bertumbuh di masa depan
2.Profitabilitas. Segmen mana yang memiliki potensi untuk
menghasilkan keuntungan lebih tinggi bagi produk atau layanan kamu? Bagaimana
dengan Lifetime Value Customer di segmen tersebut?
3. Aksesibilitas. Seberapa mudah atau sulit bagi kamu
mencapai segmen target market tersebut dengan pesan pemasaran yang kamu
lakukan? Pertimbangkan segala hambatan yang ada ketika kamu harus
mengomunikasikan pesan pemasaran ke segmen pasar yang ditargetkan.
4. Fokus pada manfaat. Masing-masing segmen membutuhkan
manfaat yang berbeda.
5. Perbedaan. Harus ada perbedaan terukur antar segmen.
1.Dengan tolak ukur segmentasi mulai dari kalangan anak kecil
hingga lansia yang mana mereka mempunyai selera akan desain dan motif yang
berbeda beda
2.Dengan manfaat beberapa lapisan dalam masker saya ,kemudahan
akan membersihkan masker sehingga dapat dipakai berulang kali,hingga banyaknya
motif dan desain dari masker kain kami.diharapkan dapat membuat pelanggan
semakin tertarik akan masker kain tersebut
3.Positioning
Tahapan positioning dapat diartikan menentukan bagaimana
produk atau brand kamu direpresentasikan dalam benak pelanggan potensial.
Tujuannya tentu agar produk atau brand kamu dilihat lebih unggul dari
kompetitor.
Itu sebabnya pada langkah terakhir dalam model STP marketing
ini saya harus mengetahui bagaimana caranya agar dapat memposisikan produk kamu
untuk target segmen pasar yang paling menarik dan memiliki potensi keuntungan
yang lebih besar tadi.
Untuk merumuskan positioning, perhatikan beberapa tips
berikut:
-Tawarkan solusi. Periksa kembali kebutuhan dan potensi
masalah atau hambatan dari masing-masing segmentasi target pasar kamu tadi.
Dengan mengetahui hambatan atau potensi masalah yang dihadapi kamu pun bisa
merancang pesan yang tepat tentang bagaimana produk atau layananmu dapat
menyelesaikan masalah mereka secara lebih efektif.
-Identifikasi Unique Selling Proposition (USP). Temukan
jawaban yang tepat dari pertanyaan mengapa pelanggan harus membeli dan
menggunakan produk atau layanan kamu tersebut? Pikirkan penawaran yang bisa
kamu berikan dan tidak dapat ditemukan pada kompetitor lain.
-Kembangkan kampanye pemasaran yang spesifik pada segmentasi
target pasar. Pastikan kamu memberi penawaran menarik yang sulit untuk mereka
tolak.
Disini Masker saya memiliki beberapa poin posisi,seperti:
-Masker kain yang saya jual dapat memberikan perlindungan
terhadap polusi udara yang kaya akan bakteri yang tidak baik untuk pernafasan
-Masker kain yang saya jual memiliki berbagai jenis ragam
motif dan desain yang dapat dipilih sesuai keinginan
Komentar
Posting Komentar