Tugas 2 Kewiraushaan 2 KJ006 tentang Analisis VRIO

 

ANALISIS VRIO

Nama                    : Rendy Ilhamsyah
NIM                       : 20200801051
Fakultas               : Ilmu Komputer
Jurusan                : Teknik Informatika
Mata Kuliah        : Kewirausahaan 2 KJ006

Opening

                Pada tahun 2020 bulan februari terjadi kasus pertama Covid-19 di dunia yang diduga di jangkiti wanita yang bekerja di pasar basah Wuhan, China. Pakar virologi Michael Worobey menyatakan, temuannya membuktikan infeksinya terjadi beberapa hari lebih lambat dari yang dilaporkan Organisasi Kesehatan Dunia.Lalu beberapa hari setelahnya dua kasus Corona di Depok, Jawa Barat. Menteri Kesehatan RI saat itu, Terawan Agus Putranto menjelaskan kasus ini bermula ketika satu di antara dua warga itu kontak dekat dengan WN Jepang yang ternyata terbukti positif COVID-19 saat melakukan pemeriksaan di Malaysia.

                Alat pelindung diri merupakan salah satu cara untuk melindungi tubuh dari potensi bahaya seperti mencegah penyebaran virus Covid-19. Salah satu bentuk APD yang disarankan untuk digunakan dalam mencegah penyebaran Covid-19 adalah masker, yang berfungsi untuk melindungi individu dari debu dan partikel-partikel kecil seperti virus masuk ke dalam sistem pernafasan dan dapat berupa kain dengan ukuran serta ketebalan tertentu sesuai dengan anjuran pemerintah.  Bukti yang didapatkan untuk menggunakan masker kain dalam mencegah penularan berbagai virus pernapasan di masyarakat masih sangat terbatas pada beberapa studi yang dilakukan oleh sebagian besar peneliti.

Berdasarkan peraturan yang dikeluarkan oleh Presiden Indonesia dan WHO, masyarakat boleh menggunakan masker yang terbuat dari kain 3 lapis yang sesuai dengan rekomendasi dari BPBN Indonesia. Hal tersebut membuat permintaan masker kain menjadi semakin bertambah seiring bertambahnya jumlah kasus yang terjangkit virus Covid-19. Beberapa pengusaha industri pakaian beralih memproduksi masker kain dengan 3 lapis yang berbahan dasar kain potongan sisa hasil produksi pakaian yang sering disebut dengan kain perca

Apa itu analisis VRIO

Analisis Vrio merupakan atribut analisis yang dilakukan untuk internal perusahaan yang berguna dalam membantu menentukan kualitas dan kegunaan sumber daya dan kemampuan perusahaan. Kerangka kerja VRIO mengungkapkan empat parameter utama untuk analisis berbasis sumber daya sebagai serangkaian pertanyaan tentang aktivitas bisnis perusahaan:

1.    Pertanyaan tentang Nilai
Pertanyaan pertama dalam kerangka analisis ini adalah apakah perusahaan memilki sumber daya yang menambah nilai dalam memanfaatkan peluang dan bertahan dalam menghadapi ancaman. Jika jawaban dari pertanyaan tersebut adalah iya, maka sumber daya dapat diasumsikan berharga. Selain hal tersebut, sumber daya juga berharga jika sumber daya mampu meningkatkan nilai yang dirasakan pelanggan. Hal ini dilakukan dengan meningkatkan diferensiasi atau / dan penurunan harga produk. Jika sumber daya perusahaan tidak dapat memenuhi kondisi ini maka perusahaan memiliki kelemahan dalam keunggulan kompetitif. Hal ini penting untuk terus ditinjau karena perubahan secara internal dan eskternal yang terjadi secara terus menerus.

2.    Pertanyaan tentang Kelangkaan
Sumber daya yang hanya bisa diperoleh oleh satu atau sangat sedikit perusahaan merupakan sumber daya yang dianggap langka. Jika sumber daya dapat dikatakan langka dan berharga maka peursahaan memiliki keunggulan kompetitif sementara. Di sisi lain, jika beberapa perusahaan memiliki sumber daya yang sama dan menggunakan kemampuan tersebut dalam cara yang sama, maka perusahaan dapat dikatakan memilki keunggulan kompetitif paritas / comptitive parity. Hal ini karena perusahaan dapat menggunakan sumber daya yang sama untuk menerapkan strategi yang sama dan tidak ada organisasi dapat mencapai kinerja yang unggul.

3.   Pertanyaan tentang Imitabilitas
Sumber daya yang memiliki biaya tinggi akan sulit ditiru, dibeli, dan digantikan oleh perusahaan pesaing. Dalam hal imitasi perusahaan pesaing memiliki dua cara yaitu dengan cara langsung meniru / menduplikasi sumber daya dan menyediakan produk atau jasa sebanding. Jika perusahaan memiliki sumber daya yang berharga, langka, dan mahal untuk ditiru maka perusahaan dapat diasumsikan sebagai perusahaan yang memiliki keunggulan kompetitif yang berkelanjutan.

4.   Pertanyaan tentang Organisasi
Sumber daya itu sendiri tidak memberikan keuntungan apapun bagi perusahaan jika tidak terorganisir untuk menangkap nilai dari mereka. Sebuah perusahaan harus mengatur sistem manajemen, proses, kebijakan, struktur dan budaya organisasi untuk dapat sepenuhnya menyadari potensi yang berharga, langka dan mahal agar dapat mencapai keunggulan kompetitif yang berkelanjutan

 

Kegunaan analisis VRIO secara umum

Analisis VRIO berguna untuk menyarankan pengguna mempertimbangkan keunggulan kompetitif internal dari sumber daya utama menggunakan empat point untuk analisis. Point ini mencakup nilai sumber daya, betapa langkanya jika tidak dapat ditiru, dan seberapa terorganisir perusahaan untuk memanfaatkan sumber daya. Analisis ini sederhana untuk dipahami dan mudah digunakan. Jika orang jujur, analisis VRIO adalah cara yang efektif untuk mengevaluasi sumber daya organisasi. Ini juga memberikan wawasan berharga tentang daya saing organisasi.

Fokus analisis VRIO adalah pada sumber daya organisasi. Sumber daya organisasi dalam istilah ekonomi adalah tanah, tenaga kerja, dan modal yang dimiliki organisasi. Dalam istilah praktis, ini termasuk pekerja (pengetahuan unik, keterampilan, atau keuntungan biaya), kekayaan intelektual, lokasi, proses manufaktur, kontrak atau hubungan eksklusif, pendekatan pemasaran yang unik, rahasia dagang, akses ke modal atau investor, atau sumber daya lain yang dapat diidentifikasi.

Implementasi analisa VRIO dalam bisnis

Ide bisnis yang akan dijalankan adalah menjual masker kain ,dikarenakan dengan adanya pandemi Covid-19 membuat orang orang perlu menjaga diri mereka agar tidak terpapar dari covid-19 tersebut.penjualan masker ini dapat dilakukan secara retail maupun online.masker kain ini mempunyai berbagai jenis motif yang berbeda sehingga terdapat banyak variasi untuk para customer.masker kain ini juga memiliki kualitas yang baik,yang mana dapat dicuci dan dipakai ulang kembali serta terdapat 3 lapisan pada masker kain tersebut,sehingga cutomer dapat merasa aman dan nyaman.

 

Closing

Munculnya kesadaran masyarakat terutama setelah adanya pandemi covid-19 ini membuat para masyarakat sadar bahwa masker merupakan salah satu hal yang penting yang dapat mencegah masuknya kuman maupun bakteri ke dalam tubuh.maka dari itu menjual masker kain merupakan hal yang patut dicoba karena prospectnya yang lumayan bagus




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas 6 Kewirausahaan