Tugas 2 Kewiraushaan 2 KJ006 tentang Analisis VRIO
ANALISIS VRIO
Nama :
Rendy Ilhamsyah
NIM : 20200801051
Fakultas : Ilmu Komputer
Jurusan : Teknik
Informatika
Mata Kuliah : Kewirausahaan 2 KJ006
Opening
Pada
tahun 2020 bulan februari terjadi kasus pertama Covid-19 di dunia yang diduga di
jangkiti wanita yang bekerja di pasar basah Wuhan, China. Pakar virologi
Michael Worobey menyatakan, temuannya membuktikan infeksinya terjadi beberapa
hari lebih lambat dari yang dilaporkan Organisasi Kesehatan Dunia.Lalu beberapa
hari setelahnya dua kasus Corona di Depok, Jawa Barat. Menteri Kesehatan RI
saat itu, Terawan Agus Putranto menjelaskan kasus ini bermula ketika satu di
antara dua warga itu kontak dekat dengan WN Jepang yang ternyata terbukti
positif COVID-19 saat melakukan pemeriksaan di Malaysia.
Alat pelindung diri
merupakan salah satu cara untuk melindungi tubuh dari potensi bahaya seperti
mencegah penyebaran virus Covid-19. Salah satu bentuk APD yang disarankan
untuk digunakan dalam mencegah penyebaran Covid-19 adalah masker, yang berfungsi
untuk melindungi individu dari debu dan partikel-partikel kecil seperti virus
masuk ke dalam sistem pernafasan dan dapat berupa kain dengan ukuran serta
ketebalan tertentu sesuai dengan anjuran pemerintah. Bukti
yang didapatkan untuk menggunakan masker kain dalam mencegah penularan
berbagai virus pernapasan
di masyarakat masih sangat terbatas pada beberapa studi yang dilakukan oleh
sebagian besar peneliti.
Berdasarkan peraturan yang
dikeluarkan oleh Presiden Indonesia dan WHO, masyarakat boleh menggunakan masker
yang terbuat dari kain 3 lapis yang sesuai dengan rekomendasi dari BPBN
Indonesia. Hal tersebut membuat permintaan masker kain menjadi semakin
bertambah seiring bertambahnya jumlah kasus yang terjangkit virus Covid-19.
Beberapa pengusaha industri pakaian beralih memproduksi masker kain dengan 3
lapis yang berbahan dasar kain potongan sisa hasil produksi pakaian yang sering
disebut dengan kain perca
Apa itu analisis VRIO
Analisis Vrio merupakan atribut analisis yang dilakukan
untuk internal perusahaan yang berguna dalam membantu menentukan kualitas dan
kegunaan sumber daya dan kemampuan perusahaan. Kerangka kerja VRIO
mengungkapkan empat parameter utama untuk analisis berbasis sumber daya sebagai
serangkaian pertanyaan tentang aktivitas bisnis perusahaan:
1. Pertanyaan tentang Nilai
Pertanyaan pertama dalam kerangka analisis ini adalah apakah perusahaan memilki
sumber daya yang menambah nilai dalam memanfaatkan peluang dan bertahan dalam
menghadapi ancaman. Jika jawaban dari pertanyaan tersebut adalah iya, maka
sumber daya dapat diasumsikan berharga. Selain hal tersebut, sumber daya juga
berharga jika sumber daya mampu meningkatkan nilai yang dirasakan pelanggan.
Hal ini dilakukan dengan meningkatkan diferensiasi atau / dan penurunan harga
produk. Jika sumber daya perusahaan tidak dapat memenuhi kondisi ini maka
perusahaan memiliki kelemahan dalam keunggulan kompetitif. Hal ini penting
untuk terus ditinjau karena perubahan secara internal dan eskternal yang
terjadi secara terus menerus.
2. Pertanyaan tentang Kelangkaan
Sumber daya yang hanya bisa diperoleh oleh satu atau sangat sedikit perusahaan
merupakan sumber daya yang dianggap langka. Jika sumber daya dapat dikatakan
langka dan berharga maka peursahaan memiliki keunggulan kompetitif sementara.
Di sisi lain, jika beberapa perusahaan memiliki sumber daya yang sama dan
menggunakan kemampuan tersebut dalam cara yang sama, maka perusahaan dapat
dikatakan memilki keunggulan kompetitif paritas / comptitive parity. Hal ini
karena perusahaan dapat menggunakan sumber daya yang sama untuk menerapkan
strategi yang sama dan tidak ada organisasi dapat mencapai kinerja yang unggul.
3. Pertanyaan tentang Imitabilitas
Sumber daya yang memiliki biaya tinggi akan sulit ditiru, dibeli, dan
digantikan oleh perusahaan pesaing. Dalam hal imitasi perusahaan pesaing
memiliki dua cara yaitu dengan cara langsung meniru / menduplikasi sumber daya
dan menyediakan produk atau jasa sebanding. Jika perusahaan memiliki sumber
daya yang berharga, langka, dan mahal untuk ditiru maka perusahaan dapat
diasumsikan sebagai perusahaan yang memiliki keunggulan kompetitif yang
berkelanjutan.
4. Pertanyaan tentang Organisasi
Sumber daya itu sendiri tidak memberikan keuntungan apapun bagi perusahaan jika
tidak terorganisir untuk menangkap nilai dari mereka. Sebuah perusahaan harus
mengatur sistem manajemen, proses, kebijakan, struktur dan budaya organisasi
untuk dapat sepenuhnya menyadari potensi yang berharga, langka dan mahal agar
dapat mencapai keunggulan kompetitif yang berkelanjutan
Kegunaan analisis VRIO secara umum
Analisis VRIO berguna untuk menyarankan pengguna mempertimbangkan
keunggulan kompetitif internal dari sumber daya utama menggunakan empat point
untuk analisis. Point ini mencakup nilai sumber daya, betapa langkanya jika
tidak dapat ditiru, dan seberapa terorganisir perusahaan untuk memanfaatkan
sumber daya. Analisis ini sederhana untuk dipahami dan mudah digunakan. Jika
orang jujur, analisis VRIO adalah cara yang efektif untuk mengevaluasi sumber
daya organisasi. Ini juga memberikan wawasan berharga tentang daya saing
organisasi.
Fokus analisis VRIO adalah pada sumber daya organisasi.
Sumber daya organisasi dalam istilah ekonomi adalah tanah, tenaga kerja, dan
modal yang dimiliki organisasi. Dalam istilah praktis, ini termasuk pekerja
(pengetahuan unik, keterampilan, atau keuntungan biaya), kekayaan intelektual,
lokasi, proses manufaktur, kontrak atau hubungan eksklusif, pendekatan
pemasaran yang unik, rahasia dagang, akses ke modal atau investor, atau sumber
daya lain yang dapat diidentifikasi.
Implementasi analisa VRIO dalam bisnis
Ide bisnis yang akan dijalankan adalah menjual masker kain ,dikarenakan
dengan adanya pandemi Covid-19 membuat orang orang perlu menjaga diri mereka agar
tidak terpapar dari covid-19 tersebut.penjualan masker ini dapat dilakukan
secara retail maupun online.masker kain ini mempunyai berbagai jenis motif yang
berbeda sehingga terdapat banyak variasi untuk para customer.masker kain ini
juga memiliki kualitas yang baik,yang mana dapat dicuci dan dipakai ulang
kembali serta terdapat 3 lapisan pada masker kain tersebut,sehingga cutomer
dapat merasa aman dan nyaman.
Closing
Munculnya kesadaran masyarakat terutama setelah adanya
pandemi covid-19 ini membuat para masyarakat sadar bahwa masker merupakan salah
satu hal yang penting yang dapat mencegah masuknya kuman maupun bakteri ke
dalam tubuh.maka dari itu menjual masker kain merupakan hal yang patut dicoba karena
prospectnya yang lumayan bagus
Komentar
Posting Komentar